Sabtu, 16 November 2019

Google Mematikan Layanan Pemendek URL-nya


Jika Anda memiliki tautan untuk menyalin, tetapi secara estetis terlihat buruk karena sudah selesai, tentu Anda telah beralih ke pintasan URL populer.

Salah satu yang paling terkenal adalah raksasa teknologi Google URL Shortener (goo.gl), tetapi layanan ini menghitung hari dan akan ditutup pada awal 1 tahun.

Untuk membuat hidup lebih mudah bagi mereka yang ingin menyalin URL yang panjang, penyingkat URL raksasa teknologi itu dibuat pada 2009.

Sebelumnya kami menulis tentang layanan ini di sini yang menjadi banyak digunakan oleh pengguna Internet, karena tidak hanya memungkinkan pemendekan URL, menyimpan URL yang sebelumnya dipersingkat dan masih tahu berapa banyak klik yang dilakukan pada tautan pendek itu.

Jika Anda menggunakan layanan ini, Anda pasti akan kecewa mengetahui bahwa tim pengembang raksasa teknologi Google hari ini mengumumkan bahwa Goo.gl akan ditutup tepat dalam satu tahun, pada 30 Maret 2019.

Proses penutupan akan dimulai pada bulan April, dan tautan yang dibuat sejauh ini akan tetap aktif. Namun, setelah 13 April, pengguna yang tidak pernah menggunakan layanan ini, atau yang telah menggunakannya secara anonim, tidak lagi dapat membuat tautan pendek.

Mereka yang menggunakan layanan dapat terus melakukannya pada saat penutupan.

Selain itu, raksasa teknologi Google mengatakan bahwa penutupan ini dimaksudkan untuk mempromosikan penggunaan layanan Firebase Dynamic Links, yang memungkinkan, dengan tautan yang sama, mengakses lokasi yang berbeda, tergantung pada perangkat yang Anda akses.

Tetapi bagi mereka yang hanya ingin mempersingkat URL, raksasa teknologi Google merekomendasikan untuk menggunakan layanan seperti Bitly dan Ow.ly.

Jadi, apa pendapat Anda tentang ini? Cukup bagikan semua pandangan dan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah ini.


EmoticonEmoticon